Silverchair

F. Moses

Silverchair adalah band Australia yang beralirkan post-grunge yang terbentuk sekitar tahun 90-an; dulunya adalah band indie yang memenangkan sebuah acara di stasiun radio lokal di kotanya, lagu andalan yang membuat mereka menjadi terkenal sampai saat ini adalah “Tommorow”; single yang sempat menjadi jawara puncak tangga lagu di Australia selama beberapa minggu. Band yang dimotori oleh Daniel John (gita/vokal), Ben Gilles (drum/backing vokal/orkestra instrumen), dan Chris Joanou (bass), ini akhirnya mengeluarkan album mereka yang pertama “Frogstomp”, dengan lagu andalannya “Israel Son” dan tidak melupakan lagu yang telah membawa mereka ke dunia musik internasional “Tommorow” serta beberapa lagu hitnya yang lain.

Sekitar tahun 1997, mereka kembali mengeluarkan album kedua, nama albumnya “Freak Show”; dengan hits single di album ini adalah “Freak”, lagu yang masih mengusung musik beralirkan post grunge ini sangat berpengaruh pada anak-anak muda di zamannya setelah ditinggalkan musisi idola anak remaja yaitu Nirvana.

Silverchair kembali mengeluarkan album mereka yang ketiga, album yang diberi judul “Neon Ballroom”, sejak album ini terlihat kematangan mereka dalam menciptakan lagu yang dulunya mereka remaja kini beranjak dewasa; sebagai lagu andalannya yaitu “Emotion Sickness”, dan “Miss You Love”. Album ke tiga ini, sepertinya, sang vokalis Daniel John mencoba mengusung musik dengan sentuhan orkestra, mungkin akibat dari penyakitnya anorexia-nya sehingga Daniel John sedikit membawakan lagu yang lumayan kalem, namun tidak membuat sang vokalis patah semangat, sebab untuk  lagu dalam album ini ada juga yang masih menyentuh aliran post grunge-nya seperti Satin Sheets, dan Spawn Again.

Kembali melewati masa-masa kritis, Daniel John dkk tetap menciptakan hits-hits lagunya sebagai musisi, di tahun 2002 Silverchair kembali hadir di albumnya yang ke empat dengan judul album “Diorama”. Lagu hits-nya “The Greatest View” kemudian diikuti “Across The Night”, dan sebagai lagu pamungkas sepanjang masa di album ke empat adalah “After All These Years”.

Di sela-sela kesibukannya, pentolan grup band Silverchair Daniel John yang dikabarkan berpacaran dengan salah satu penyanyi solo yang sama berasal dari satu negara juga yaitu Natalie Imbruglia. Natalie (panggilan akrab) penyanyi yang terkenenal lewat lagunya “Torn” telah melangsungkan pernikahanPernikahan mereka pada 31 Desember 2003.

Mendekati pertengahan tahun 2007, akhirnya Silverchair merilis album, setelah tidur yang sangat lama hampir 5 tahunan, Daniel John dkk mengeluarkan album berjudul “Young Modern”, judul lagu andalan mereka “Straight Lines”, seperti yang dikutip dari musikteinment dan juga majalah-majalah. Di album ini, notabene emosi Silverchair benar-benar pure (murni) musik dengan sentuhan orkestra.

Rujukan: Komunitas Ranggaon Blues

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s